Paparan zat kimia yang terdapat di prodak sehari-hari, seperti kosmetik, di yakini bisa menyebabkan masapubertas lebih dini atau terlambatdan berpotensi menganggu kesehatan jangka panjang.
Peringatan tersebut di sampaikan sejumlah peneliti yang melakukan penelitian dengan melibatkan 1151 remaja putri berusia 6-8 tahun di New York City, Cincinnati dan California utara. dalam tes urin mereka di temukan tiga jenis zat kimia yang sering terdapat dalam produk kosmetik, yakin phenols, phthalates dan phytoestrogen.

Para peneliti menemukan bahwa zat-zat kimia tersebut banyak di temukan pada beragam produk kosmetik, seperti cat kuku, kosmetik, parfum,lotion, dansampo. Beberapa jenis produk plastik juga mengunakan zat kimia itu.

Dalam kadar tinggi phthalates dan phytoes biasa menyebabkan payudara berkembang lebih dini. Phthalatas yang terdapat dalam produk sampo dan lotion di sebut-sebut menyebabkan rambut kemaluan lebih cepat tumbuh. Sementara itu zat kimia lain yang terdapat dalam produk plastik atau bahan bangunan di duga menyebabkan pubertas pada rmaja terlambat.

“paparan bahan kimia tersebut mempengaruhi perkembangan kelenjar susu pada remaja putri. Dalam jangka panjang, zat kimia ini mungkin mempengaruhi terjadinya kangker payudara di usia dewasa,” kata Mary wolff, Profesor dari mount sinai school of medicine.

Wolf menjelaskan, sebelumnya sebuah penelitian menyebutkan masa pubertas yang terlalu dini berpengaruh pada kehidupan sosial dan kesehatan anak. “Bisa menyebabkan diabetes atau kanker,” katanya. Kendati demikian, Wolff menjelaskan masih di butuhkan penelitian lebih dalam mengenai tiga jenis kimia ini.