<Yoga adalah salah satu alternatif yag dapat megobati dan mencegah berbagai penyakit.

Kompas- Latihan ini dikenal ampuh untuk meredam stres, terutama bila dipadukan dengan meditasi. Para ahli percaya, berlatih yoga bisa membantu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Mulai dari nyeri punggung hingga diabetes. Sayangnya, menurut data national Sporting Goods Association, tak sampai 15 persen wanita berusia 30 tahun ke atas yang rutin berlatih yoga.

Padahal, ada banyak manfaat kesehatan lain yang bisa didapat setiap kita latihan. Berikut empat di antaranya:

1. Nyeri punggung berkurang

Menurut riset yang dimuat dalam jurnal Spine, yoga bisa mengurangi rasa sakit dan depresi yang dialami penderita nyeri punggung. Ini setelah mereka konsisten berlatih dua kali dalam seminggu selama enam bulan.

2. Asma tak kambuh

Ini adalah hasil penelitian American College of Sport Medicine terhadap pasien asma yang rutin menjalani yoga 2,5 jam seminggu selama 10 minggu.

3. Nafsu makan jadi terkendali

Ini terutama pada emotional eaters. Setelah ikut latihan yoga selama 10 minggu, mereka lebih mampu mengatur emosi sehingga tak langsung lari ke makanan saat mood-nya sedang tidak baik. Riset ini dilakukan ahli University of the Rockies.

4. Terhindar dari sindrom metabolik

Mereka yang punya risiko tinggi terhadap diabetes akan merasakan banyak manfaat bila rutin berlatih yoga selama tiga bulan. Aktivitas ini akan menormalkan angka BMI, tekanan darah, kadar insulin, serta kadar kolesterol LDL.