Selama ini, kebanyakan orang hanya berfokus pada angka yang tertera pada angka timbangan badan sebagai acuan bentuk tubuh ideal. Kadang, itu sebagai dalih kesehatan juga. Hal ini berlangsung hingga suatu ketika Anda mencapai suatu angka plateau, angka yang sama, padahal Anda sudah menambah beban latihan. Sebenarnya, ada faktor-faktor lain yang mesti dipertimbangkan dalam menjaga kesehatan. Salah satunya adalah memastikan lemak tubuh tidak berlebihan. Cara untuk mengetahui apakah perbandingan lemak tubuh sesuai dengan kebutuhan tubuh antara lain dengan menimbang tubuh.

Baru-baru ini, Tanita, produsen alat ukur asal Jepang, memperkenalkan alat-alat penimbang kesehatannya yang lebih dari sekadar menimbang berat tubuh. Tanita, yang sudah hadir lebih dulu di 105 negara di dunia, hadir di Indonesia dengan distributor PT Kumala Kencana Cipta. Alat penimbang kesehatan yang dihadirkan Tanita memang didesain untuk memantau gaya hidup sehat seseorang.

Beberapa alat timbangan yang menjadi unggulan Tanita antara lain
Body Fat Monitors. Alat timbang ini untuk mengukur massa lemak dalam tubuh untuk membantu mencegah permasalahan obesitas yang bisa menimbulkan risiko kesehatan. “Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika berlebihan, hal itu bisa menimbulkan masalah bagi tubuh. Masalahnya, lemak sulit dilihat dan diukur dari kasat mata. Akan sangat membantu jika ada yang bisa mengukur lemak yang ada di dalam tubuh,” tutur Riani Susanto, ND, dokter naturopati, pada acara perkenalan Tanita di Indonesia, dalam acara Home Fiesta, Metro Department Store Pondok Indah Mall, beberapa waktu lalu. Timbangan ini dipasarkan dengan harga ritel Rp 1.150.000-Rp 1.540.000

Sementara itu, timbangan unggulannya, Body Composition Analyzers, diciptakan untuk mengukur persentase kadar lemak, otot, air, tulang, usia metabolisme tubuh, berat masing-masing bagian tubuh, nilai fisik, dan kelebihan lainnya. Produk ini ditujukan untuk mereka yang serius memonitor hasil program diet sehat dan olahraga teratur. Alat yang satu ini dipasarkan dengan harga Rp 1.659.000-Rp 4.990.000. Selama masa promo dalam Home Fiesta Metro Department Store yang berlangsung pada 26 April-30 Mei 2010, harga produk Tanita tertentu akan ditawarkan dengan harga khusus.