Hampir setiap pria akan mengalami masalah prostat dalam hidupnya. Selain sangat mengganggu, masalah ini juga menjadi pertanda lewatnya masa muda. Gangguan prostat jarang menyerang pria di bawah usia 45 tahun. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan prostat. Salah satunya adalah dengan ejakulasi secara teratur.

Kelenjar prostat yang hanya terdapat pada pria ini mengelilingi uretra, yaitu saluran tempat mengalirnya urine dari kandung kemih sampai ke ujung penis. Kelenjar prostat memegang peranan penting dalam proses reproduksi, yaitu penghasil sebagain besar cairan yang akan bercampur dengan sperma sehingga terbentuk semen.

Beberapa urolog berpendapat, ada hubungan antara kanker prostat dan orang yang jarang berejakulasi. Dasar pemikirannya kira-kira begini. Untuk memproduksi semen, prostat membutuhkan bahan dari darah seperti seng, asam sitrik, dan potasium lalu memadatkannya. Semua karsinogen yang ada di darah juga dipadatkan. Daripada bikin perkara, lebih baik karsinogen tadi dikeluarkan. Nah, hubungan seksual bisa menyelesaikan hal ini.

Penelitian menunjukkan, ejakulasi lebih sering akan mengurangi risiko terkena kanker prostat. Akan tetapi, kuncinya bukan hanya di hubungan seksualnya. Pasalnya, pria yang suka berhubungan seks dengan banyak pasangan justru mendapat risiko terkena kanker prostat naik sampai 40 persen. Jika ingin mengeluarkan saja, maka masturbasi bisa jadi pilihan.