Memiliki hidung besar dan mancung memang menarik perhatian dan komentar banyak orang. Namun, hidung ukuran jumbo juga ternyata membawa anugerah bagi kesehatan karena dapat memberi perlindungan terhadap penyakit.

Seperti dilaporkan para ilmuwan Amerika Serikat, hidung besar menghirup hampir 7 persen lebih sedikit jumlah polutan ketimbang hidung yang kecil. Hidung besar juga berfungsi sebagai “benteng” yang menyaring bakteri dan virus sehingga tak masuk ke dalam mulut.

Penelitian menunjukkan bahwa semakin menonjol bentuk elemen wajah, seperti hidung dan bibir, akan semakin sedikit partikel debu dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Hidung besar juga dapat mengurangi dampak hay fever atau demam karena alergi.

Kesimpulan ini merupakan hasil kajian para ilmwan dari University of Iowa, AS.  Penelitian dilakukan di laboratorium dengan membandingkan dua jenis hidung buatan, salah satunya adalah berukuran  2,3 kali lebih besar. Setiap hidung ditempatkan pada model kepala manusia yang ditambahkan bibir dengan ukuran berbeda.

Hasil penelitian yang dipublikasikan jurnal Annals Of Occupational Hygiene ini menunjukkan hidung besar menghirup 6,5 persen lebih sedikit partikel debu. Bibir yang besar juga menurunkan jumlah partikel yang masuk hingga 3,2 persen.

Temuan ini tentunya menjadi kabar baik bagi mereka yang punya hidung mancung dan besar. Namun, bagi Anda yang berhidung kecil tentu tak perlu berkecil hati. Tuhan telah menciptakan sebaik-baiknya bukan untuk estetika semata, tetapi juga untuk kesehatan.

kompas