Berdasarkan hasil suatu survei di Inggris, kaum adam ternyata lebih suka berbohong ketimbang wanita. Bahkan, di antara para lelaki banyak yang merasa tidak bersalah atas kebohongannya itu.

Ini merupakan hasil jajak pendapat yang dilakukan Science Museum terhadap sekitar 3.000 responden. Berdasarkan hasil penelitian, pria di Inggris rata-rata melakukan tiga kali kebohongan setiap hari dan itu sama dengan 1.092 kali dalam setahun.

Sementara itu, kaum hawa tidak separah pria. Kebohongan yang dilakukan wanita sekitar 728 kali dalam setahun atau rata-rata dua kali dalam sehari. Di kalangan wanita, para ibu cenderung sering berkata bohong.

Dalam data lainnya ditunjukkan, sebanyak 25 persen pria mengaku sering berbohong kepada ibunya, tetapi hanya 20 persen wanita yang mengaku berbohong kepada ibu mereka. Dikaitkan dengan pasangan, hanya 10 persen responden yang mengaku cenderung berbohong kepada pacar, suami, atau istri.

Menyoal jenis kebohongan, para pria kebanyakan berdusta kepada pasangannya soal kebiasaan mereka meminum alkohol. Sementara para wanita lebih sering menyembunyikan perasaan mereka dan berkata, “Tak apa-apa, semua baik-baik saja.”

Para wanita juga mengaku sering merasa bersalah setelah mengatakan kebohongan. Sekitar 82 persen mengatakan bahwa mereka menyesali perbuatannya. Sementara di kalangan pria hanya 70 persen yang mengaku menyesal telah berkata bohong.

kompas.com