Manfaat seks kini tidak sebatas rekreasi dan prokreasi saja. Hubungan seks secara teratur ternyata juga dapat meningkatkan pertumbuhan otak.

Penelitian ini didasarkan pada temuan terdahulu, bahwa otak yang dipenuhi pikiran tidak menyenangkan cenderung lebih tidak berkembang.

Peneliti lantas ingin mengungkap, apakah hal yang sebaliknya berlaku jika otak diisi pikiran yang menyenangkan seperti pengalaman berhubungan seks.

Peneliti menggunakan mencit sebagai percobaanya. Hasilnya, mencit yang mendapat akses kawin setiap hari otaknya tidak menunjukkan glukokortikosteroid, senyawa yang menunjukkan tingkat stres tinggi dibanding yang kawin sekali dalam 2 pekan.

Dikutip dari Livescience, Minggu (9/8/2010), peneliti membuktikannya perkembangan sel otak menunjukkan proliferasi atau pertumbuhan sel otak yang lebih tinggi di daerah hippocampus, bagian otak yang terkait dengan kemampuan mengingat, jika melakukan kegiatan seks yang rutin.

Temuan ini menguatkan teori bahwa pikiran-pikiran yang tidak menyenangkan dapat menghambat pertumbuhan sel otak. Namun efek tersebut bisa diatasi dengan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan, termasuk hubungan seks.

AN Uyung Pramudiarja