Perjalanan seks yang menakjubkan bisa dimulai dari tiga langkah sederhana berikut ini.

1. Rutin berolahraga

Sejak lama para ahli sudah merekomendasikan pentingnya olahraga untuk mendapatkan seks yang dahsyat. Penjelasannya begini, olahraga akan melancarkan peredaran darah, termasuk yang menuju ke organ intim. Dengan demikian, organ seks bisa berfungsi dengan optimal. Selain itu, olahraga juga akan melenturkan otot-otot dan memicu pengeluaran hormon endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan energi.

2. Mengasup makanan sehat

Secara umum, jika Anda memiliki pola makan yang baik, maka tubuh akan selalu dalam kondisi sehat dan bugar. Pola makan rendah lemak jenuh juga akan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, termasuk yang mengarah ke area organ intim. Seperti diketahui, penyempitan arteri bisa menyebabkan impotensi.

Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat juga akan menyebabkan kegemukan, yang berujung pada terganggunya fungsi hormon. “Obesitas bisa mengganggu keseimbangan hormon estrogen dan testosteron,” kata Michael Krychman, direktur eksekutif pusat kesehatan seksual dari California. Kadar testosteron yang rendah dan kekurangan zat besi juga bisa memadamkan gairah.

3. Kelola stres

Jangan lupa mengambil libur sejenak. “Kebanyakan orang bekerja berlebihan dan stres. Hal itu akan membuat kehidupan seksual mereka berantakan,” kata Irwin Goldstein, Direktur San Diego Sexual Medicine. Ia juga mengingatkan pentingnya kualitas komunikasi dengan pasangan.